Thursday, December 13, 2012

PLURALISME AGAMA


PLURALISME AGAMA

Faham liberal adlh faham yang memahami nash-nash agama (Al-Quran dan As-Sunnah) dengan menggunakan akal pikiran yang bebas, dan hanya menerima doktrin agama yang sesuai dgn akal pikiran semata.
Secara sistematis, Libe
ralisasi Islam di Indonesia yg sudah dijalankan sejak awal tahun 1970-an, dilakukan serempak melalui tiga bidang penting dlm sejarah Islam, yaitu:
1 Liberalisasi bidang Aqidah, dgn penyebaran faham pluralisme agama.
2 Liberalisasi konsep Wahyu, dgn melakukan dekonstruksi/kritik Al-Quran.
3 Liberalisasi bidang Syari'ah, dgn melakukan metodologi baru ijtihad.

Tp di sini saya ingin menjelaskan Liberalisasi Bidang Aqidah

Liberalisasi Aqidah Islam dilakukan dgn menyebarkan faham pluralisme agama. Faham ini, pada dasarnya menyatakan bhw semua agama adlh jalan yg sama2 sah menuju Tuhan yg sama. Jd menurut penganut faham ini, semua agama adlh jalan yg berbeda menuju Tuhan yg sama. Maka stiap pemeluk agama tdk boleh mengklaim bhw agamanya sendiri yg paling benar.
Di Indonesia penyebaran faham ini sdh sangat meluas, sangat massif dilakukan oleh para tokoh, cendekiawan, akademisi dan para pengasong ide2 liberal.

Ulil Abshar Abdalla mengatakan: "Semua agama sama. Semuanya menuju jalan kebenaran. Jadi, Islam bukan yang paling benar" (Majalah GATRA, 21 Desember 2002). Ulil jg menulis "Dengan tnp rasa sungkan dan kikuk, saya mengatakan, semua agama adlh tepat berada pada jalan seperti itu, jalan panjang menuju Yang Maha Benar. Semua agama, dgn demikian adlh benar, dengan variasi, tingkat dan kadar kedalaman yg berbeda-beda dlm m’hayati jalan relegiutas itu. Semua agama ada dalam satu keluarga besar yang sama; yaitu keluarga pencinta jalan menuju kebenaran yg tak pernah ada ujungnya"(Kompas 18 November 2002, dlm artikelnya b’judul “Menyegarkan Kembali Pemahaman Islam”).

Prof. Dr. Abdul Munir Mulkan, Dosen UIN Yogyakarta menulis; "Jika semua agama memang benar sendiri, penting diyakini bhw surga Tuhan yg satu itu sendiri terdiri banyak pintu dan kamar. Tiap pintu adlh jalan pemeluk tiap agama memasuki kamar surganya. Syarat memasuki surga adlh keikhlasan p’bebasan manusia dari kelaparan, penderitaan, kekerasan dan ketakutan, tnp melihat agamanya. Inilah jalan universal surga bagi semua agama. Dari sini kerjasama dan dialog pemeluk berbeda agama jadi mungkin."

Prof. Dr. Nurcholish Madjid menyatakan ″Ibarat roda, pusat roda itu Tuhan, dan jari-jari itu adalah jalan dari berbagai agama″

KH Abdurrahman Wahid jg pernah menyatakan “Menurut al-Qur’an, orang Kristen dan Yahudi itu bkn kafir, tapi digolongkan sebagai ahlul kitab. Yang dibilang kafir oleh al-Qur’an adlh ”orang-orang musyrik Mekkah, orang yg syirik, politeis Mekkah”. Sementara di dalam fikih, orang yg tidak beragama Islam itu juga disebut kafir. Itu kan beda lagi. Jd, kita jelaskan dulu, istilah mana yang kita pakai.”
________________

Faham Pluralisme ini memberi pemahaman bhw pada dasarnya smua agama adlh sama. Sama2 mengajak kebaikan dan melarang kejahatan. Jadi agama tdk hanya Islam yg benar, Yahudi-Nashrani dan keyakinan lainnya smua dianggap benar dan smua bs masuk surga.
Islam menjamin hak beragama. (agama samawi yang memiliki kitab suci) spt yg tersebut dlm surat Al Baqoroh 256, Laa ikroha fiddin. Tapi toleran spt itu sebatas pengakuan keberagaman org lain, tdk sampai pada keyakinan bhw semua pengikut agama sama2 menuju kebenaran. Kalau demikian, lalu apa gunanya seseorang memilih dan meyakini diantara sekian agama? Kalau teori ini diteruskan, maka bisa dipraktikan sehari islam, lain hari budha misalnya, dan ini tdk masalah krn semuanya benar. Padahal itu merupakan toleransi intern yg mustahil terjadi, sebab menimbulkan kemurtadan. Jd fanatisme agama adlh naluri manusia yg tdk bisa dipungkiri, sebab ktk kita sdh masuk suatu agama, pasti yakin inilah yg benar, dan yg lain bathil.

Dlm pandangan Islam, faham Pluralisme Agama jelas2 merupakan faham syirik modern, krn menganggap semua agama adlh benar. Padahal, Allah swt tlh menegaskan bhw hny Islam agama yg benar dan diterima Allah swt :

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

"Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam." (QS. Ali Imron : 19)

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآَخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

"Barangsiapa mencari agama selain agama islam, Maka sekali2 tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk org2 yang rugi." (QS. Ali Imron : 85)

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلَّا نَعْبُدَ إِلَّا اللَّهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

"Katakanlah..! Hai Ahli Kitab, marilah kpd suatu kalimat (ketetapan) yg tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Tuhan selain daripada Allah." (QS. Ali Imron : 64)

Dlm ayat tersebut jelas2 seruan kepada Tauhid, Tauhid jlas berlawanan dgn syirik. Musuh utama tauhid adlh syirik. Krn itu, Allah sangat murka dgn tindakan syirik, dan disebut sebagai "kedzaliman yang besar (zhulmun ‘azhim)", Allah pun sangat murka krn dituduh mempunyai anak:
وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمَنُ وَلَدًا ٭ لَقَدْ جِئْتُمْ شَيْئًا إِدًّا ٭ تَكَادُ السَّمَوَاتُ يَتَفَطَّرْنَ مِنْهُ وَتَنْشَقُّ الْأَرْضُ وَتَخِرُّ الْجِبَالُ هَدًّا ٭ أَنْ دَعَوْا لِلرَّحْمَنِ وَلَدًا ٭

"Dan mereka berkata: "Tuhan yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak". Sesungguhnya kamu Telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar, Hampir-hampir langit pecah Karena Ucapan itu, dan bumi belah, dan gunung-gunung runtuh, Karena mereka menda'wakan Allah yang Maha Pemurah mempunyai anak." (QS. Maryam : 88 - 91)

Tapi dalam faham pluralisme, justru keyakinan akan kebenaran agamanya sendiri dilarang.


Faham yang katanya seuai dengan akal sehat, ini malah gak sesuai.
Klik di sini Liga Indonesia,jadwal dan skor

 Klik disini untuk dapat bisnis sukses,dalil islam ,sport,lowongan kerja, dll

Terkait

Description: PLURALISME AGAMA Rating: 4.5 Reviewer: ardankul wakid ItemReviewed: PLURALISME AGAMA
Al
Mbah Qopet Updated at: 12/13/2012 04:32:00 PM

0 comments:

Post a Comment