Saturday, December 1, 2012

Puasa di Bulan Muharom


Puasa di Bulan Muharom dan Keutamaan bulan muharrom

Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang puasa bulan muharrom dan keutamaannya. Sebagai umat islam kita mesti tahu, karna ini sangat penting. oke langsung saja lihat dibawah ini:

Puasa yg berkena'an dlm puasa sunnah bulan muharram antara lain :
1. Puasa akhir tahun 30 dzulhijah atau tgl 14 november 2012 (kmaren)dan  tak lupa doa akhir & awal thn sperti diuraikan diatas.

2. Puasa sunnah awal thun ( thn baru ) 1 muharam atau 15 november 2012. ( Hri ini)

3.Puasa tasu'a ( tgl 9 muharram) dan puasa asyura' ( tgl 10 muharram)
Referensi : nail al-authar IV/238

4. Memperbanyak puasa sunnah dibulan muharram
Referensi: qowanin alfiqiyyah 114, & hadramiyyah hal 118)
15 November · Suka · Hapus

Referensi unt poin 1 & 2

مَنْ صَامَ آخِرَ يَوْمٍ مِنْ ذِي الحِجَّةِ ، وَأَوَّلِ يَوْمٍ مِنَ  المُحَرَّمِ فَقَدْ خَتَمَ السَّنَةَ المَاضِيَةَ بِصَوْمٍ ، وَافْتَتَحَ  السَّنَةُ المُسْتَقْبِلَةُ بِصَوْمٍ ، جَعَلَ اللهُ لَهُ كَفَارَةٌ خَمْسِيْنَ سَنَةً

“Barang siapa yang berpuasa sehari pada akhir dari bulan Dzuhijjah dan  puasa sehari pada awal dari bulan Muharrom, maka ia sungguh-sungguh  telah menutup tahun yang lalu dengan puasa dan membuka tahun yang akan  datang dengan puasa. Dan Allah ta'ala menjadikan kaffarot/tertutup  dosanya selama 50 tahun.” Hadits ini disebutkan oleh Asy Syaukani dalam  Al Fawa-id Al Majmu’ah (96) dan Ibnul Jauzi menyebutkannya dalam Al  Mawdhu’at (2: 566).

Referensi unt point 3 dan 4

صوم  تاسوعاء وعاشوراء: وهما التاسع والعاشر من شهر المحرم، ويسن الجمع بينهما،  لحديث ابن عباس مرفوعاً: «لئن بقيت إلى قابل لأصومن التاسع والعاشر

صيام الأشهر الحرم ـ وهي أربع: ثلاثة متوالية؛ وهي ذو القعدة وذو الحجة  والمحرَّم، وواحد منفرد وهو رجب، وهي أفضل الشهور للصوم بعد رمضان، وأفضل  الأشهر الحرم: المحرم، ثم رجب، ثم باقي الحرم، ثم بعد الحرم شعبان.
واستحباب صوم هذه الأشهر هو عند المالكية والشافعية



Klik disini : mebelair,bisnis sukses,dalil islam,lowongan kerja,dll

Terkait

Description: Puasa di Bulan Muharom Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Puasa di Bulan Muharom
Al
Mbah Qopet Updated at: 12/01/2012 09:09:00 PM

0 comments:

Post a Comment