Wednesday, November 14, 2012

HAID

HAID

  • Pengertian Haid
   
    Haid adalah darah yang keluar dari farji wanita saat umur minimal 9 tahun qomariyah, melalui jalan sewajarnya.pembahasan ini diambil dari kitab Risalatul mahidnya.

فالحيض هوالدم الخارج فى سن الحيض وهو تسع سنين قمريه" من فرج المراَه" على سبيل الصحه" ومادونه فهو دم فساد


    Adapun Haid itu punya 15 nama yangg terkumpul dalam nadhom kitab Risalatul mahidnya.lihat dibawah ini!.

للحيض عشره" اسماء وخنستها# حيض محيض مخاض طمث اكبار#طمس عراك فراك مع اد'ى ضحك# درس نفاس قرء اعصار.

     haidun, mahidun, tomstun,ikbarun, tomsun ,irokun ,firokun, ma'a adan ,dohkun, darsun ,darosun ,nifasun,qor'un , ikshorun.
    Bukan hanya manusia saja yang haid,ternyata ada beberapa hewan yang haid. mau tahu?. Adapun hewan yg mengalami Haid ada delapan.yang terkumpul dalam nadhom berikut:

   
والد'ى يحيض من الحيوانات ثمانيه" نضمها بعضهم بقوله :


يحيض من د'ى الروح ضبع مراه"# وارنبون وناقه" وكلبه" #خفاش الوزغه" والحجرفقد# جاءت ثمانيا وهدا المعتمد#

    adapun beberapa hewan yang haid antara lain dabh( sjenis kdal padang pasir) ,maratun,kelinci,unta, anjing, kelelawar, cicak, kuda, dan kedelapan hewan diatas berdasarkan qoul yg mu'tamad.

  • Warna dan Sifat Darah Haid

    adapun warna haid itu pd dasarnya hitam pekat dan terasa menyakitkan. namun pada umumnya darah haid ada 5, yg paling kuat HITAM kemudian MERAH , KELABU , KUNING dan KERUH.

ولونه اسود محتدم لداع والحاصل ان الالوان خمسه" اقواها السواد ثم الخمره" ثم الشفره" ثم الصفره" ثم الكدره"


وان الصفات غير الالوان اربعه" الثخن اوالنتن اوهما اوالتجرد عنهما

    Dan sesungguhnya Sifat Haid selain dari pada warnanya ada 4,yaitu :

1. kental
2. bau
3. tidak kental (encer) /tidak bauh
4. kental dan bauh

فالاسود الثخين اقوى من غير الثخين والمنتن منه اقوى من غيرالمنتن والثخين المنتن اقوى من الثخين فقط اوالمنتن فقط. وكد'ا ايقال فى بقيه" الوان

maka dari itu:

# darah hitam kental lebih kuat dari darah hitam encer

# darah hitam bau lebih kuat dari hitam tidak bau

# darah yang kental dan bau lebih kuat dari pada yang kental saja atau bau saja.

dan seperti itulah darah-darah yang lainnya.

    Misalkan,tanggal 1-5 keluar darah wrna hitam kental,kemudian tanggal 6-20 darah hitam encer,maka yangg dihukumi haid adalah darah pada tanggal 1-5,karena darah hitam kental lebih kuat dari pada hitam encer.

وان استوت الصفات كاسود رقيق واحمر ثخين قدم السابق منها لقوته بالتقدم .

    Dan apabila darah yang keluar sama kuat misalkan,darah hitam encer vs darah merah kental,maka yg dihukumi haid adalah darah yg kleuar pertama kali karena yang awal lebih kuat.
    Misalkan,tanggal 1-5 darah hitam encer,kemudian tangal 6-19 darah merah kental,hitam encer vs merah kental,hitam vs merah lebih kuat hitam,encer vs kental lebih kuat kental.

    Jadi antara hitam encer vs merah kental sama-sama kuat,maka yang dihukumi haid adalah darah yg pertama keluar yaitu darah tgl 1-5.

  • Mu'tadiah mumayizah ( wanita yg pertama kali haid dan mampu membedakan darah baik sifat ataupun warnanya)

الصوره" الاول هى المبتداَه" اى اول ما ابتداها الدم المميزه" وهى التى ترى قويا وضعيفا كالاسود والاءحمر فالضعيف وان طال استحاضه" والقوى حيض بشرط ان لاينقص القوي عن اقل الحيض وان لا يعبر اكثره وان لا ينقص الضعيف عن اقل الطهر وانيكون ولاء بان يكون خمسه" عشريوما فاءكثر متصله فان نقص القوى عن اقل الحيض اوعبراكثره اونقص الضعيف عن اقل الطهر اولم يكن ولاء كما لوراءت يوما اسود ويوما احمر وكد'ا فهى فاقده" شرط من شروط التمييز. وسياءتى حكمها. اهى الباجورى الجزء الاول ص ١١٠

    Pertama yaitu mubtadiah mumayizah ( wanita yang pertama kali haid dan mampu membedakan darah) yang mampu mengetahui darah kuat atau lemah seperti darah hitam vs merah,dan juga mengetahui dari segi sifatnya.jika demikian maka,darah kuat jadi haid dan darah lemah jadi istihadhoh.Dgn syarat:
1. Darah kuat tidak kurang dari paling sedikitnya haid ( 24jam) dan tidak melebihi paling banyaknya haid ( 15 hri 15 mlm)
2. Darah lemah( doif) tidak kurang dr paling sedikitnya SUCI ( 15 hari) dan darah Doif wila'an ( terus menerus) .
    Misalkan,tanggal 1-5 darah merah,kemudian tanggal 6-17 darah kuning,maka berlaku hukum diatas yaitu darah kuat ( merah tanggl 1-5) jadi haid dan darah lemah ( kuning 6-17) jadi istihadhoh.karena memenuhi syarat diatas.
    Misalkan lagi,tanggl 1-5 darah kuning,kemudian tanggl 6-17 darah merah.maka yang jadi haid adalah darah merah tanggal 6-17 karena lebih kuat dibanding darah kuning tgl 1-5 dan memenuhi 2 syarat diatas.
    Namun apabila darah kuat ( kowi) kurang dari paling sedikitnya haid ( 24 jam) dan melewati paling banyaknya haid ( 15 hari) atau Darh doif (lemah) kurang dari 15 hari dan tidak wila'an ( terus menerus) seperti sehari warnanya merah,besoknya hitam,maka keadaan yang demikian dimana salah 1 syarat kurang terpenuhi,maka akan dibahas pd pembahasan berikutnya.


  • Mu'tadiah mumayizah yg kurang memenuhi slah 1 syarat dikatakannya haid.

بشرط ان لاينقص القوى عن اقل الحيض وان لايعبراكثره وان لاينقص الضعيف عن اقل الطهر وان يكون ولاء خمسه" عشريوما متصله" (باَن لايتخللها قوى ولوتخللها نقاء).جدول المبتداه" الفاقده" شرطا من شروط التمييز فترد الى الاقل لانه المتيقن .

    Seperti pembahasan sebelumnya bahwasanya dikatakan yang kuat jadi haid dan yang lemah jadi istihadoh, jika memenuhi 2 syarat , yaitu darah kuat lebih dari paling sedkitnya haid ( 24 jam) dan tidak melebihi paling banyaknya haid ( 15 hari).Serta darah doif harus minimal paling sedikitnya suci ( 15 hari) dan wila'an ( terus menerus / diselangi naqo) asal tidak diselangi darah qowi.

    Namun jika tidak memenuhi syarat diatas,maka haid dikembalikan ke paling sedikitnya haid (24jam/sehari semalam). Misalkan,tanggl 1 keluar darah merah setengah hari ( 12 jam),kemudian berlanjut darah warna kuning sampai tanggl 30.Karena tidak mememenuhi syarat diatas maka haid dikembalikan paling sedikitnya haid (1 hari 1 malam / 24 jam). Misalkan,tanggl 1-17 darah merah,kemudian tanggl 18-30 darah kuning,ini juga tidak memenuhi syarat sehingga haidnya 1 hari 1 mlm. Misal lagi,tanggl 1-7 merah,tanggl 8-13 kuning,kemudian tanggl 13-30 merah.

Paling sedikit atau banyaknya haid

واقل الحيض زمنا يوم وليله" اى مقدار د'لك وهو اربعه" وعشرون ساعه" على اتصال معتاد فى الحيض اد'لوتخلله نقاء فالكل حيض اد'ا لم يجاوز خمسه" عشر يوما ولم ينقص الدم عن اقل الحيض على قول السحب وهو المعتمد. وقيل ان النقاء طهر ويسمى قول اللقط

    Adapun paling sedikitnya haid adalah 1 hari 1 malam ( 24 jam) dan apabila terdapat naqo ( suci) diantara 2 haid selama naqo kurang dari 15 har,maka dihitung Haid berdasarkan qoul SAHBI yg mu'tamad,namun menurut qoul LAQTI naqo diantara 2 haid dihukumi suci.
    Misalkan,tanggal1-2 darah keluar merah,tanggal 3-7 darah berhenti ( naqo/suci),kemudian tanggal 8-10 darah keluar lagi merah,maka tanggal 3-7 itulah yg disebut naqo( suci) diantara haid dan naqo yang kurang dari 15 hari,maka tetap dihukumi haid. Sehingga tanggal 3-7 tetap dihukumi haid ( tdk sholat,puasa dan jima').
    ksimpulannya dr contoh diatas haidnya adalah 10 hari. Mnurut Qoul laqti naqo dianggab suci,sehingga tanggal 3-7 diwajibkan sholat dll,slayaknya orang suci.
    kelemahan qoul ini,apabila anda sebagai wanita semisal jam 12 malam anda lihat darah haid anda berhenti maka anda harus segera mandi dan sholat isya' . sangat berat bukan..? hehehe

  • Paling Sedikit dan Paling Banyaknya Haid

واكثره خمسه" عشر يوما بلياليها فاءن زد عليها فهو استحاضه" وصورها سبعه" لانها امامبتداه" مميزه" اومبتداه" غير مميزه" واما معتاده" مميزه" اومعتده" غير مميزه" د'اكره" لعادتها قدرا ووقتا اوناسيه" لها قدرا ووقتا او د'اكره" للقدر دون الوقت اوالعكس وتسمى هد'ه المراه" الناسيه" متحيره".

    Dan paling banyaknya haid adalah 15 hari 15 malam, apabila darah keluar melebihi kapasitas tersebut,maka dinamakan ISTIHADHOH.
    Dari segi keadaan orang yang istihadhoh dibagi menjadi 7 golongan:
1. Mubtadiah mumayizah( wanita yang pertama haid dan mampu membedakan darah)
2. Mubtadiah goiru mumayizah(wanita yang pertama kali haid dan tidak mampu membedakan darah)
3. mubtadah mumayizah( wanita yang biasa haid dan mampu membedakan darah)
4. Mubtadah goiru mumayizah.( wanita yang biasa haid dan tidak mampu membedakan darah)
5. Mubtadah goiru mumayizah dzukiro qodron wa waqtan( wanita yang biasa haid yang tidak mampu membedakan darah tapi         ingat waktu dan adat haidnya)
6. Mubtadah goiru mumayizah nisyan qodron wawaqtan( wanita yang biasa haid dan tidak mampu membedakan darah dan lupa waktu dan adatnya)
7. mutahayiroh( wanita yang biasa haid,tidak mampu membedakan darah, dan tidak ingat sama sekali waktu / adatnya serta hanya tau perkira'an wktunya.

Klik d isini seputar info bisnis,mebelair, dalil islam,kontes seo dan lowongan kerja

Terkait

Description: HAID Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: HAID
Al
Mbah Qopet Updated at: 11/14/2012 09:42:00 PM

2 comments:

  1. BERKORBANLAH DEMI MELEPASKAN DIRI DARI KEJAHILAN!
    Suatu hal yang menjadi problem bagi para muslimah dan memang permasalahan yang begitu kompleks bahkan ada seorang ulama' yang ditanya sahabatnya "Wahai Syaikh, mengapa dalam kitab karanganmu tidak ada bab Haid, Nifas dan Istihadhah? Beliau pun menjawab, Bagaimana aku akan menulis bab itu, kita (lelaki) tak mengalaminya, dan wanita tak ada yang bertanya padaku.
    Antara topik menarik yang dibahaskan dalam kitab TUHFATUL AIZZA adalah pengenalan haid. Bab ini menyentuh tentang sejarah kewujudan haid, keduudkan wanita haid, kadar haid, serta faedah haid bagi kaum wanita.
    Kitab ini juga menyentuh perbahasan tentang darah dan sifatnya yang mana perkara ini sering kali menjadi masalah bagi kaum Muslimah. Pembahagian darah yang dijelaskan dalam kitab ini sedikit sebanyak akan membantu para Muslimah untuk lebih kenal dengan dirinya.
    Bab yang paling panjang perbincangannya dalam kitab ini ialah bab istihadhah. Dalam bab ini, pengarang menjelaskan tentang definisi istihadhah dan permasalahan yang timbul dalam bab isitihadhah. Pengarang juga menekankan pembahagian mustahadhah iaitu wanita yang mengalami darah istihadhah. Kitab ini juga menerangkan tentang amalan yang dilarang semasa haid dan nifas serta penerangannya.
    Bab nifas yang dibincangkan termasuklah definisi, tempohnya serta hikmah darah nifas bagi wanita. Kitab ini juga menjelaskan tentang mandi wajib dan kaifiatnya. Terdapat 76 rajah yang akan memudahkan pembaca untuk memahami contoh yang diberi. Hubungi saya =60145395740

    ReplyDelete
  2. https://www.facebook.com/darahwanitakitab/

    ReplyDelete