Tuesday, January 1, 2013

Cara Ternak Kambing



Cara Ternak Kambing

 

   
    Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (daerah "Bulan sabit yang subur" dan Turki) dan Eropa. Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar. Umumnya, kambing mempunyai jenggot, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berbulu lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekor, adalah 1,3 meter - 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 sentimeter - 15 sentimeter. Bobot yang betina 50 kilogram - 55 kilogram, sedangkan yang jantan bisa mencapai 120 kilogram. Kambing liar tersebar dari Spanyol ke arah timur sampai India, dan dari India ke utara sampai Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukainya adalah daerah pegunungan yang berbatu-batu.
    Kambing berkembang biak dengan melahirkan. Kambing bisa melahirkan dua hingga tiga ekor anak, setelah bunting selama 150 hingga 154 hari. Dewasa kelaminnya dicapai pada usia empat bulan. Dalam setahun, kambing dapat beranak sampai dua kali.
    Dari keterangan diatas kita melakukan ternak kambing dengan tujuan bisnis tambahan, yang bisa membawa kita menjadi bisnisman dibidang ternak.
    Oke langsung saja ke pokak permasalahan kita yaitu cara berternak. dan bagai mana prediksi keuntungan yang akan kita dapat jika kita hitung detailnya.
    Pertama persiapkan kandang yang baik, buat yang sederhana saja.dalam hal ini saya akan memberikan keterangan yang sudah dilakukan oleh seorang petrnak kambing yang bisa diktakan sukses. kandang kita buat dengan ukuran 40 cm per kambing, jadi misalkan kita mau berternak 20 ekor, kita bagi 2 baris. jadi kita butuh temapt 4,5m yang 1/2m untuk emperan,supaya jika ada hujan atau panas tidak terkena. untuk tempat pakan bisa lihaat gambar diatas. masalah pembuangan kotoran kita kasih jaring di bawah kambing dan dibawah jaring kasih talang, supaya kandang terlihat bersih dari bawah.berdasarkan keterangan peternak jumlah kambing 20 ekor biaya kandangnya 2 juta rupiah,
    Kedua, kita pililh bibit, usahakan jika mau ternak kita mesti cari yang jantan aja, selain harganya mahal, juga sering dicari seorang ketika musim kurban, bayangkan berapapun akan terjual, untuk kambing umur 1 thn,kira-kira harganya 900 ribu rupiah, usahakan kita beli pas musim kurban, supaya dengan waktu setahun kita bisa pas menjual  pada musim kirban bulan depan. kalau kambing 20 ekor berarti kita butuh 18 juta rupiah,jadi jika ingin lebih tinggal kalikan.
    Ketiga, Pakan, karna kambin hewan pemamah biak kita mesti perlu pakan. masalh pakan urusan mudah di Pati Jawa Tengah, ada perusahaan penjual dan pembeli ketela untuk di gunakan amilum, nah ampas dari ketela itu bisa kita jadikan makanan sehari-hari ternak,. harganya pun cukup murah per sak 20 ribu rupiah, satu sak bisa digunakan untuk 20 ekor kambing per hari.jadi jika ingin lebih tinggal kalikan.
    Keempat, Hitung hasil,dengan modal kandang 2 juta+ kabing 18 juta+ pakan 20ribu X 360hari(7,2juta)= 27,2 juta rupiah. jika dalam musim kurban rata-rata penjualan kambing harganya 2 juta per ekor, kita memperoleh hasil penjualan 40 juta rupiah,jadi jika ingin lebih tinggal kalikan.
    Jadi 40 juta- 27,7 juta= 12,3 juta + kandang( 2 juta). lumayan kan sob. selamat mencoba semoga berhasil.

Terkait

Description: Cara Ternak Kambing Rating: 4.5 Reviewer: ardankul wakid ItemReviewed: Cara Ternak Kambing
Al
Mbah Qopet Updated at: 1/01/2013 12:34:00 AM

1 comments: