Tuesday, January 29, 2013

Supporter Terbesar di Indonesia

 Suporter Besar,Fanatik dan Setia di Liga Indonesia

    Indonesia,negara yang memiliki hampir 250 juta jiwa penduduk,suku dan ras berbeda-beda. Memiliki beberapa kota besar dan bisa hampir dipastikan setiap kota itu memiliki klub sepak bola.
    Kita tahu induk organisasi persepakbolaan kita sedang kocar-kacir.dengan munculnya dua organisasi yaitu PSSI dan KPSI.Keduanya memiliki kompetisi yang berbeda yaitu ISL dan IPL.
    Patut diacungi jempol,bawasanya ditengah konflik tersebut tidak menyurutkan animo suporter setiap grup dalam setiap pertandingan. Jika kita tidak bisa datang langsung ke studion,kita bisa lihat di televisi-televisi,apa bila ada klub sepa bola yang bermain,tidak akan ketinggalan suporter yang datang.hampir dipastikan memadati studion.
    Bisa dikatakan supporter yang hadir,sangatlah kreatif,kenapa demikian?. Ya,berbagai atribut dibawa untuk mendukung tim kesayangannya. Dari genderang.syhaal bertulisakn klub masing-masing, banner bertulisakn penyemangat pertandingan. Dan yang paling mentereng setiap suporter mempunyai nama-nama sendiri.
    Supporter kita memang kerap kali dengan kerusuhan pada hal sudah dikasih pagar yang amat tinggi. Bandingkan saja pada primer liga di Inggris, tidak ada pagar yang membatasi. Damai-damai aja. Bahkan wanita dan anak-anak sangat nyaman menikmati jalannya pertandingan.
    Kalah menang dalam pertandingan itu suatu hal yang biasa,Tapi mengakui kemenangan lawan dengan hati yang lapaang.itulah hal yang luar biasa. Tapi supporter kita sudah terlihat sangat sportif dan sangat menyenang ketika dipandang televisi.
    Bersatulah kawan semua,kita berbeda-beda untuk saling melengkapi bukan saling memusuhi, ingat ketika zaman penjajahan dahulu kita mudah dipecah belah dengan tidak bersatunya kelompok. Dan merdeka ketika setelah kelompok itu bersatu. Begitu supporter yang ada,jika bersatu maka presatasi bak kemerekaan akan di raih.
    Ini dia 13 supporter yang fanatik dan besar di Indonesia yang bisa saya sebutkan:
01. Bonek Mania (Pendukung Persebaya Surabaya)


    Bonek singkatan dari bondho nekat,bisa dikatakan bermodalkan nekat.Bonek merupakan pendukung persebaya yang selalu setia hadir dalam pertandingan home Persebaya.kita bisa melihat di studion Gelora 10 November,sangatlah membludak,tapi sekarang sudah dipindahkan ke GBT(gelora bung tomo).

02.Aremania (Pendukung Arema FC Malang))


    Aremania merupakan pendukung setia Arema Malang,Aremania pernah dijuluki suporter paling fanatik di Indonesia.genderang yang dibunyikan ketika pertandingnan akan memberikan angin positif tersendiri bagi Arema Malang.

03.Bobotoh Viking (Pendukung Persib Bandung)


    Jika bicara Persib ya tentu Viking gak ketinggalan, Suporter yang kerapkali memadati studon Siliwangi ataupun Studion si Jalak Harupat. Tiadak akan membiarkan bangku dalam studion kosong.

04.The Jack Mania (Pendukung Persija Jakarta)


    The jack Mania,Supporter macan kemayoran yang terinspirasi oleh Bambang Pamungkas sebagai legenda hidup Persija dan timnas Indonesia tidak muat ketika pertandingan Persija digelar di Lebak Bulus, tapi sekarang sudah dipindahkan ke Gelora Bung Karno. Ketika Persiaja Bertanding separo studion penuh.

05.LA Mania (Pendukung Persela Lamongan)


    LA mania,Lamongan kota asal Jawa Timur itu Memiliki Klub Sepak bola yang bernama Persela,markas dari Persela adalah Studion Surajaya.Surajaya juga gak pernah ada bangku kosong ketika Persela bertanding.

06.Laskar Ayam Jantan (Pendukung PSM Makassar)


    Laskar Ayam Jantan Juga tak kalah fanatik peserta Liga Primer Indonesia itu bermarkas di studion Andi Mattalata kota Makasar.Jika PSM bertanding,studion menjadi lautan merah dengan semangat menggebu.

07.Pasoepati (Pendukung Persis Solo)


    Pasoepati Pendukung Persis Solo yang bermarkas di Studion Manahan Solo. Studion yang bertaraf internasional itu kerap kali jadi studion cadangan ketika ada even internasional,kala itu Persik Yang bertanding di Liga Champions Asia. Josh Pasoepati. Sayang Persik Hanya bermain di Divisi Utama Liga Inodonesia.

08.Persik Mania (Pendukung Persik Kediri)


    Kediri kota asal Jawa Timur yang memiliki studion Brawijaya,kita masih ingat ketika duet Budi Sudarsono dengan CristianGonzales membawa Persik jadi juara Liga Indonesia, dan kita bisa melihat hebatnya Persik Mania.

09.Persipura Mania (Pendukung Persipura Jayapura)


    Persipura memang bisa dikatakan klub yang sukses dalam keuangan. dan selalu memunculkan pemain hebat,katakan saja Boaz salossa,Dan lain-lain yang menjadi langganan timnas Indonesi. tak heran Jika Persipura Mania selalu memadati studion mandala Jayapura.

10.Singa Mania (Pendukung Sriwijaya FC Palembang)


    Singa Mania adalah pendukung Sriwijaya FC,klub yang sekarang ini dilatih oleh coach Kashartadi memiliki studion yang sangat megah yaitu Gelora Sriwijaya Jaka Baring Palembang. Dilengkapi pemain-pemain bintang membuat studion rame diisi Singa Mania,tapi jika pertandingan digelar sore hari, memang agak sepi

11.Pusa Mania(Pendukung Persisam Putra Samarinda)


    Pusa Mania,Orange akan menjadi identitas para pendukung Persisam Putra Samarinda. Ya pokoknya hebat dech kefanatikan Pusa Mania,Aku Fansnya Bayu Gatra loh,Permainannya bagus sekali

12.Ultras Mania(Pendukung Persegres Gresik)
    Petrokimia Putra yang sering kita kenal dulu sekarang menjadi  Persegres Gresik,Pendukung setiannya yaitu Ultras Mania mengguanakan Warna kuning sebagai warna kebanggaan supporter asal Gresik itu.






Terkait

Description: Supporter Terbesar di Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Supporter Terbesar di Indonesia
Al
Mbah Qopet Updated at: 1/29/2013 02:21:00 AM

0 comments:

Post a Comment