Monday, March 18, 2013

Manfaat Sholat Tahajud

Manfaat dan Dasar Hukum Shalat  Tahajud Jasmani dan Rohani


    Oke sahabatku yang baik hati, kali ini saya akan coba posting tentang sesuatu yang sangatlah bermanfaa'at bagi kita yaitu sholat Tahajud. Sebagai seorang muslim tak pantas bagi kita tidak tahu menahu tentang sholat tahajud,maka dari itu saya akan mencoba menghadirkan dasar hukum sholat Tahajud serta manfaat apa saja yang terkandung dalam sholat Tahajud tersebut.
    Kita akan mempelajari manfaat bagi jasmani kita dulu. Setiap sholat terdiri berbagai gerakan dan gerakan itu semua bermanfaat. Mari kita bahas satu-satu:
Takbirotul Ihrom, badan berdiri tegak lurus, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu menempatkan dua tangan di depan perut atau dada bagian bawah.Manfaat,Gerakan ini melancarkan aliran darah,karena posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.
    Rukuk,pada posisi rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus seperti membentuk sudut 90 derajat atau siku,. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.Manfaat,Posisi ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.
    I’tidal(Bangun dari rukuk),Posisi tubuh kembali tegak lurus atau berdiri sempurna setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga. Manfaat,Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar. Kita tahu pencernaan merupakan bagian yang erat dengan penyakit karena selau dilewati makanan-makanan, kalau lancar kan kita yang untung.
    Sujud,posisi Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Manfaat,Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma’ninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir.
Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.
    Duduk Tahiyat,Posisi duduk ada dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. Manfaat,saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.
    Salam,gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.Manfaat,relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.
    Nah itu tadi manfaat jasmani tentang sholat,Jika dilaksanakan secara rutin maka akan PERINDAH POSTUR,PACU KECERDASAN,MUDAHKAN PERSALINAN,PERBAIKI KESUBURAN,AWET MUDA.
    Sesuai dengan judul saya yaitu manfaat tahajud maka sekarang coba kita bahas dan pelajari. Perintah Sholat tahajud itu dalam A-Muzammil [73]: 1-3) sangatlah jelas,
“Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (iaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit” (QS A-Muzammil [73]: 1-3). Ini merupakan bukti iman kita kepada Allah, dan diperkuat dengan hadist Nabi,

“Solat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan dan menghindarkan penyakit”
-HR Tirmidzi.

“Solat sunnah yang utama setelah solat fardhu adalah solat tahajud”
-HR Abu Dawud.
    Ingat selain Sholat tahajud itu baik untuk kesehatan ini terbukti ketika orang bangun tidur posisi tubuh masih belum stabil dengan melakukan gerakan sholat, dan kalau kita baca manfaat sholat di atas kita akan lebih sehat dan bugar. Coba kita bayangkan kalau kita sudah berkonsentrasi di malam hari, menyerahkan hidup pada yang mempunyai alam semesta, segala sesuatu yang terjadi besok pagi pada kita akan lebih baik.
    Berbicara tentang keutamaan shalat Tahajud, Rasulullah SAW pada suatu hari pernah bersabda : “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat”.
Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah :
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangkan yang empat keutamaan di akhirat, yaitu :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyeberangi jembatan Shirathal Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.





Terkait

Description: Manfaat Sholat Tahajud Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Manfaat Sholat Tahajud
Al
Mbah Qopet Updated at: 3/18/2013 04:52:00 PM

0 comments:

Post a Comment