Thursday, March 7, 2013

Rumus Mudah Trigonometri

 Rumus Rumus Mudah dan Cepat Trigonometri Sin,Cos ,Tan

    Oke sobat dalam postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara mudah menghafal rumus trigonometri atau yang sering kita sebut dengan Sin,Cos ,Tan. Nah bagi sobat yang akan menjalani ujian Nasional ini memang sangat penting karena materi ini pasti akan keluar dalam ujian nanti,tapi mengetahui ini tidak harus yang ujian,karena yang namanya ilmu pasti ada gunanya.
    Oke sobat,sebelum kita belajar lebih jauh mengenal lebih jauh materi ini,kita harus belajar dasar trigonometri. Sebenarnya ini rahasia sobat,tapi apalah arti ilmu kalau tdak dibagikan. Ini saya dapat ketika saya mau lomba mapel,jadi dikasih ilmu yang tidak banyak diketahui banyak orang.
    Dalam trigonometri ada istilahnya sudut istimewa,nah ini merupakan dasar kita belajar,berapa saja sudut istimewa yaitu 30,45,60 dan 90. Nah coba kita ulas satu persatu sudut-sudut tersebut.Tapi sebelum itu saya akan memberi tahu tentang kalimat yang mungkin asing,ini dia: Sin=demi, Cos=sami,Tan=desa. Artinya jika mencari baik Sin,Cos maupun Tan dari sudut pasti ada dua sisi yang dihadapi,nah jika mencari Sin=sisi depan dibagi sisi miring(demi),Cos=sisi samping dibagi sisi miring(sami),Tan=sisi depan dibagi sisi samping(desa).Tapi ini hanya bisa dilakukan pada sudut istimewa di atas.
    Nah di sini kita musti memakai teorima Pithagoras,tentu kita masih ingat bunyinya itu, Kuadrat sisi panjang sama dengan jumlah kuadrat sisi-sisinya itu bunyi singkat teori pithagoras, kita coba lihat gambar dibawah ini

   Pada gambar yang pertama sudut istimewanya adalah 45,kita ambil contoh teori saya tadi,misal kita tentukan Sin,maka Sin=depan/miring=> 1 dibagi akar 2 makan hasilnya bisa kita lihat di gambar ke tiga,sekarang misal Cos,Cos=Samping /miring=> 1 dibagi akar 2 makan hasilnya bisa kita lihat di gambar ke tiga.Sekarang Tan,Tan=depan/samping=> akar 2 dibagi akar 2 sama dengan 1.
   Nah untuk sudut yang lain bisa dicoba sendiri,saya memberikan dasar dari trigonometri,kita tahu pendidikan kan dimulai dari tingkat dasar tidak langsung ke menengah,jadi itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat,karena keterbatasan dengan aplikasi,saya belum bisa menjelaskan turunan dari trigonometri,nanti kalau sudah dapat aplikasinya pasti saya akan memosting lebih dalam,

Terkait

Description: Rumus Mudah Trigonometri Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Rumus Mudah Trigonometri
Al
Mbah Qopet Updated at: 3/07/2013 03:36:00 PM

0 comments:

Post a Comment