Friday, February 22, 2013

Contoh Cerpen dan Novel Terbaru "Bete vs Si Bule"

Contoh Cerita Pendek dan Novel  "Bete vs Si Bule" di Bali



   Study dimulai. Di perjalanan menuju first distane, kami kenalan ama guide yang bakal nemenin dan memandu kami selama lima hari .
    namanya bli gusti.lengkapnya I gusti ngurah nugraha.cowok manis yang masih terdaftar sbagai mahasiswa smester 6 jrusan pariwisata universitas udayana itu bikin q terjangkit virus “kesengsem at the first sihgt”.
Slain ramah ,gusti juga memancarkan kharisma yang susah banget di terjemahkan pake puisi kahlil gibran .
    “baik adik’’ smuanya , selamat datang di pulau dewata bali. Untuk tempat tujuan pertama adalah galuh, galuh adalah tempat yang khusus menjual berbagai macam tenun ikat khas bali, kita akan belajar mengenai kebudayaan bali disana .tapi sebelumnya ,saya akan sedikit menjelaskan tentang bali. Bali yang beribu kota di denpasar adalah propinsi di indonesia yang terkenal dengan daya tarik wisatanya .propinsi bali berdiri pada 14 agustus 1958.kebanyakan masyarakat bali adalah dari suku bali,jawa, dan madura .rumah adat bali kita sebut gapura candi bentar , yang merupakan pintu masuk istana raja. Provinsi bali memiliki lambang berbentuk segilima yang bertuliskan bali dwipa jaya , yang berarti jayalah pulau bali. Di dalam lambang tersebut,terdapat bintang,candi pahlawan margarana,candi bentar,rantai,kipas,bunga teratai,padi,dan kapas .bintang melambangkan tuhan yang maha esa ,candi pahlawan margarana melambangkan jiwa kepahlawanan rakyat bali, candi bentar melambangkan keagamaan rakyat bali , rantai lambang persatuan ,kipas simbol kebudayaan bali ,bunga teratai adalah lambang singgasana dewa syiwa, sedangkan padi dan kapas lambang kemakmuran…..”
    “nahhh… kirei jatuh cinta nih!” goda sanni waktu lihat q lagi mantengin wajah ganteng gusti yang lagi kasih penjelasan tentang bali .
    “cinta?? No way !” q sok jaim
    “emang knapa non ,kalo lo udah kejangkit virus cinta? Kesengsem at the first sight nih ceritanya” ,sanni nggak capek godain q.
    “Nggak penting banget! Lagian sapa juga yang suka. Q Cuma perhatiin penjelasan dia kok. Kita kan lagi study ,bukan maen-maen…” ,q membela diri mati’’an .
    “Alaaah…kayak gue baru kenal lo aja .gak usah nyerocos panjang kali lebar sama dengan luas gitu deh. Liat tu pipi lo udah merah ke geer-an gitu. Pasti ada yang lo sembunyiin nih.”
    “punten nya, gue Cuma ngefans kok. Am I wrong ?” ,sahutku dongkol.
    “Ah….yang bener ?” sanni masih menggoda .
    “ngefans ,budeg ! no more !”
    “maaf ,yang dua itu,minta perhatianya ,jangan ganggu konsentrasi yang lain” ,tiba-tiba si manis gusti menunjuk ke arah kami .
    “tuh kan ,gara’’ lo, malu deh gue ama dia”. Q ngedumel
    “nah kan ….lo demen yahh ?”
    “udah ah… shut up .moncong lo comberan bange sih “. Q membekap mulut ember sanni .dia megap-megap kyak mujaer kekurangan aer. 
    Acara study hari ini boring banget .mungkin sebenernya cukup asyik, tapi cuaca bali lagi panas-panasnya, itulah yang bikin q bad mood .q juga capek banget .tapi akhirnya,acara study hari ini kelar juga. Setelah tadi kami mengunjungi Galuh, pasar seni sukawati, dan garuda wisnu kencana di daerah jimbaran.
    Sekarang, waktunyakami refresing di tanjung benoa, di ujung selatan pulau bali.
    “rei, kamu nggak ikut ke pulau penyu ?tuh anak’’ udah pada mau brangkat, mreka udah nyewa prahu motor”. Tanya Cit-Cit.
    “iya rei, lo ikut yah? 1 prahu isi 10 orang, kita kurang satu nih. Sanni aja ikutan, ajeng ama vidia juga ikut. Please kirei yang cuaaanntik…lo ikut yah! Biar kita bisa langsung brangkat “. Dhedy memohon-mhon smbil berlutut mirip malin kundang minta restu ama emaknya waktu mau pergi berlayar .
    “sorry guys, perut gue kampanye nih. Dari tadi bunyi mulu, masuk angin kali gue”,jawabku males.
    “ahh…lo sih villager .nggak tahan AC !pantesnya lo tuh pake kipasnya tukang sate”. Goda jottie.
    “sialan lo jot. Bener nih, perut gue mules banget. Cari aja temen laen.lagian, gue gak bawa sendal jepit. Kasian spatu gue,barusan nyuci nih. Ntar kotor lagi.”
    Akhirnya si moncong’’ ember tadi brangkat juga stelah dapetin gaby sbagai pelengkap,biar jumlahnya pas sepuluh orang.
     Sepeninggal mreka, q Cuma bisa duduk diem sambil mantengin beach boy’’ seksi yang lagiasyik naek speed boat.
    “are you alone here?” suara kalem seorang cowok berlogat ‘cadel’ ngagetin aku.
    Aku noleh.
    DUH GUSTI….sesosok cowok bule bertelanjang dada duduk di sebelahku. GOD, WHAT CAN I DO NOW???
    “what are you doing,girl ?” dia tersenyum ngeliat aku yang bukanya jawab pertanyaan basa-basinya dan malah bengong kayak monyet idiot.
    “As you see”, jawabku singkat setelah pikiranku kembali menginjak bumi.
     “don’t you interest with water actvities here?” si bule masih berusaha ngajak aku bicara. Bikin aku tambah grogi dan langsung melupakan acara bad mood ku tadi.
     “no” , aku ngejawab singkat.
    “what do you mean ‘no’?” si bule keliatan nggak enak ati.
     ”just no”.
    “you look so bored,girl”.
     “ yuch.”
    “kok irit gitu ngomongnya?” jidat si bule agak berkerut. Sementara aku… terbelalak kaget! How could he speak indonesian?
    ”can you speak indonesian?”
    “yeah..just a little,karena aku juga banyak  belajar disini.”
    “tadi belom dijawab. Knapa irit gitu ngomongnya?”si bule mengulang pertanyaan
    Oh bule keren…..bukanya aku irit ngomong, tapi aku nggak kuat liat senyum lo yang sepertinya di pasangin susuk pengasihan itu…,jerit batinku.
    “what’s your name, Geg ?” dia masih nggak segan bertanya, kayaknya dia kesepian juga, makanya berusaha cari teman ngobrol.
    “kirei melodya “, aku menjawab setengah tersipu.
    “kirei…that’s so sweet name. in japanese, kiri means beautiful. It’s right ?”
    “you’re absolutely right. How do you know ?” aku tambah ge-er.
    “orang tua kamu ada keturunan jepang?”.
    “no. tapi bokap lulusan sastra jepang.beliau cinta banget ama budaya jepang. Makanya anak-anaknya dikasih nama panggilan pake bahasa jepang. Kakakku namanya Hoshi. You know, the meaning of it?” aku coba ngetes.
    “pasti artinya bintang. Is it true? Your dad so creative. So, how do I call you, kirei melodya?”.
    “just call me kirei. Tapi temen’’ panggil q rei, biar gampang aja”.
     “but, what’s the meaning of kirei melodya ?” tanyanya lagi
     “kirei kan cantik. Kalo melodya itu artinya melodi, shortly, the meaning of kirei melodya is ‘Melody yang cantik’. Soalnya, selain suka kebudayaan jepang,Daddy loves music so much”. Jawabku lengkap. Udah gak bisa dibayangin, gimana irama degup jantungku sekarang.
    “That’s so romantic. Tapi sesuai kok,sama orangnya yang secantik namanya…..”
    Deg… serr… Tuhan… kupingku nggak lagi sombong kan??? Barang impor kasih pujian buat aku??? Yang bener?
    “By the way,what’s your name? Dari  tadi kok kamu yang tanya melulu. It’s time for me to know about you…”
    “I’m Ricky Schneidre.”
    “How do I call yo?”
    “Call me as you want..But my nick name’s Rick.”
    “Where are you from?”
    “stuttgrat.”
    “Kommst du aus Deutsch?”. Rick mengangguk.Sesaat kemudian berikut.
    “Ja, ich komme aus Deutsch. Kamu bisa berbasa jerman?”
    Sekarang ganti dia yang takjub!
    “Not so good. Just a little bit.  Asal jangan terlalu sering. Jermanku ngga terlalu bagus.”
    “ How could you?” Rick terlihat penasaran
    “ My teacher taught me in the school.”
    “ Bist du schulerin?”
    “ Ja. Und du?” ganti aku yang tanya.
    “ Ich bin student.”
    “By the way,are you alone here?” aku menanyakan hak yang sama  bagus sekaligus menglihkan pembicaraan.
    “No. Teman-teman lagi main Speed boat. I’m tired, I need to rest.”
    Aku mengangguk-ngangguk nggak jelas sambil melongo menatap si bule. Cowok ini bukan aku Interest.
    “kenapa, Jegeg?” Rick meneliti raut mukaku yang berubah merah. Kalo aja aku bisa nutupin mukaku,pasti aku bakal nutupin.Raut mukaku jelas-jelas menggambarkan aku lagi kesengsem
    “Jegeg??? What’s the meaning?” . tanyaku setengah tersipu
    “Jegeg itu cantik. Bahasa bali”. Jawab rick. Sambil tersenyum.
    “How do you know?”
    “Sudah ku bilang,aku banyak belajar di sini.”
    Sekali lagi aku kena syndrome ge-er. So hard to believe it. But anything could be happened. Aku bener-bener gak nyangka bisa kenal ama Rick.
    “By the way how do you feel about Benoa? It’s so amazing,doesn’t it? Imean,Benoa is so wonderful. This a good choice to throw your self form high attitudes,hurtl down frothing rapids, exploree the wonders of the deep or just lie back and take easy. It has perfected the art of keeping its guests happy….” Komentarnya yang panjang bikin aku sadar dari kebengonganku.
    “Errrrr… yes…  I think so”, aku tergagap. “Bali is very wonderful. The heaven island”, Lanjutku.
    “Have you visited another place besides Boenoa? I’ve ever visited Kuta,Jimbaran, Ubud, and many more…But the most beautiful place is Ubud. Far from the crowd,Ubud has been quiet haven.It’s scenery is so beuatiful…Ubud has a beauty like none oother. Filled with terrce field,making it the most complate tourist destanation village in bali, your visit is not complete if you don’t see this village. Place of interest in Ubud are Pusering jagad temple, Penataran Sasih temple, Tirta Empul temple, Monkey Forest Ubud,Petulu,Tegallalang,etcetera… You know Tegallalang? This place a has very beautiful view. You can see terraces of paddy field with streming rivers, coconut palms and other plantations in the valley across the river…”
    “And bla..bal…bla… Rick masih bertanya,bercerita dan berkomentar panjang lebar tentang Bali.
    Nggak nyangka aku bisa ketemu ama Rick, cowok bule yang seksi punya. Dan entar malem,kami janjian ketemu lagi. Dia bakal jemput aku di Hotel tempat aku menginap.
    Thanks God, nggak nyesel juga aku nggak ikut ke Pulau Penyu bareng anak-anak.Ternyata kalau nasib baik itu emang gak bisa ditolak yah????
    Dari kejahuan aku lihat moncong-moncong comberan itu mulai sibuk turun dari atas perahu motor.
    Ada adegan konyol juga. Si endut Yuan jatuh kepleset pasir pantai yang licin. Bajunya basah semua. Sialnya, bukan malah ditolongin, anak-anak malah kompak nertawain.
    Aku dan Ricky ikut ketawa. God … No words can describe,how happy I’m!    
 
Sumber dari Novel Jempiring Denpasar.. yang dikarang oleh Tyas ato,,,,,!!!!!!!

Terkait

Description: Contoh Cerpen dan Novel Terbaru "Bete vs Si Bule" Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Contoh Cerpen dan Novel Terbaru "Bete vs Si Bule"
Al
Mbah Qopet Updated at: 2/22/2013 03:49:00 AM

0 comments:

Post a Comment