Saturday, February 2, 2013

Murtad

MACAM-MACAM MURTAD DALAM KITAB SULAM TAUFIQ
PENGERTIAN MURTAD
SIAPA ORANG YANG MURTAD?



.
    Banyak orang yang belum tahu tentang perbuatan yang membuat dirinya keluar dari islam. Itu disebabkan karena kurangnya seseorang memelajari ilmu agama.Untuk itu pentingnya orang mengetahui tentang hal tersebut.santai aja kali ini saya akan memberi tahu tentang murtad.
    Kita harus tahu dulu arti murtad. apa itu murtad?. Kata murtad berasal dari kata irtadda menurut wazan ifta’ala, berasal dari kata radda yang artinya: berbalik. Kata riddah dan irtidad dua-duanya berarti kembali kepada jalan, dari mana orang datang semula. Tetapi kata Riddah khusus digunakan dalam arti kembali pada kekafiran, sedang kata irtidad digunakan dalam arti itu, tapi juga digunakan untuk arti yang lain, dan orang yang kembali dari Islam pada kekafiran, disebut murtad.
    Konsekuensi dari murtad adalah sebagai berikut. bardasarkan firman Allah,“Barangsiapa kafir kepada Allah sesudah beriman -bukannya ia dipaksa, sedang hatinya merasa tentram dengan iman, melainkan orang yang membuka dadanya untuk kekafiran-, mereka akan ditimpa kutuk Allah, dan mereka akan mendapat siksaan yang pedih” (16:106).Jadi orang akan merasakan demikian
    bagai yang macam-macammurtad sebagaimana di tulis dalam Kitab Sulam Taufiq sebagai berikut :
    Pertama,Murtad Fi’ly (perbuatan) Yaitu segala aktivitas yang bisa menyebabkan kita keluar dari ajaran Islam, aktivitas tersebut apakah dilakukan dengan sungguh-sungguh atau hanya sekedar bercanda atau juga bohong- bohongan semuanya sama saja termasuk murtad perbuatan, Contoh : 1) Bersujud kepada Berhala, bersujud kepada Matahari. 2) Melakukan ritual agamalain, perlu hati-hati juga jika diantara anda ada yang menjadi bintang film memerankan sebagai seorang non Islam (nonI) kemudian melakukan peribadatan seperti seorang nonI walaupun hal itu dilakukan hanya sekedar tuntutan skenario, tetap saja hal itu termasuk murtad fi’ly, maka berhati-hatilah ketika memilih sebuah peran.
    Kedua,Murtad I’tiqady, murtad jenis ini dilakukan dengan hati kita seperti Ragu akan adanya Allah, Ragu Kalau Al Qur’an itu Firman Allah, Ragu adanya kehidupan setelah mati.
    Ketiga, Murtad Qauly (ucapan) yaitu murtad yang disebabkan lidah atau ucapan, murtad jenis ini banyak sekali dan terkadang kita gak sadar kalau hal itu termasuk murtad ucapan. Contoh:
1. Mencemoohkan ayat suci Al Qur’an : seperti pernah kita dengar ada orang yang membaca “iyyaaka na’budu waiyyaaka
nasta ’iin” tapi didendangkan seperti irama manuk dadali.. naudzu billah.
2.Memanggil seorang muslim dengan sebutan yang tidak terpuji, seperti : Hai Yahudi, Hai Kafir, Hai Orang yang tidak beragama, bahkan jangan anggap enteng ketika seseorang memanggil seorang muslim dengan nama binatang yang najis seperti anjing, babi itu pun murtad. Bahkan ketika kita menuduh suatu kelompok sebagai penganut aliran sesat
padahal belum jelas kesesatannya itupun bisa menyebabkan murtad, kecuali kalau aliran tersebut sudah jelas kesesatannya..
3. Mengaku adanya Nabi setelah Nabi Muhammad. Awas! mengaku sebagai Nabi itupun murtad, termasuk kita harus hati ketika kita mengatakan : “Al Hamdulillah ini benar-benar mukjizat, berkat pertolongan bapak Ustad penyakit yang diderita anak saya bisa sembuh”.  itu juga sangat bahaya.bukankah kita tahu kalau mukjizat itu hanya diberikan kepada Para Nabi dan Rasul ?. Terus kalau kita nyebut mukjizat kepada selain Rasul apakah saat itu kita secara tidak langsung mengakui seseorang itu sebagai Rasul.
    Dan masih banyak lagi contoh murtad lainnya. hati-hati jon, walah-walah. murtad itu gak peduli bercanda atau gak sengaja.aku amung ngilengno!!!!!!

Terkait

Description: Murtad Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Murtad
Al
Mbah Qopet Updated at: 2/02/2013 03:44:00 AM

1 comments: